Cara Optimasi SEO untuk Website Baru

280 views

cara optimasi website baru

Terima kasih sudah berkunjung.. Kali ini saya mau share dan bongkar rahasia bagaimana cara optimasi SEO untuk website baru. Jadi, siapkan secangkir kopi /teh manis hangat/ susu lalu duduk dengan manis untuk mendengar penjelasannya ya.. hehe

Begini...

Teknik yang akan saya bagikan ini memang sudah saya buktikan sendiri pada beberapa website milik saya dan juga klien saya. Artinya mostly teknik yang saya gunakan ini memang berhasil untuk menaikan ranking website baru naik ke halaman teratas.

Problem:

Kok sulit ya website baru saya naik rankingnya?

Saya sudah tulis banyak artikel, tapi gak ada yang muncul di halaman teratas, kenapa ya?

Dua pertanyaan diatas memang sering banget ditanyakan oleh banyak orang yang baru saja buat website namun belum paham dan mengerti teknik SEO. Tenang, semuanya juga butuh proses ya.. Tapi ada yang bisa kita lakukan agar prosesnya bisa berjalan dengan lebih cepat..

SEO is the Answer

Caranya adalah dimana kita harus paham teknik optimasi dan selama ini kita mengenalnya dengan istilah Search Engine Optimization (SEO). Ini adalah teknik mempengaruhuhi visibilitas website di search engine/mesin pencari.

Begini Cara Optimasi SEO untuk Website Baru

Oke tanpa banyak panjang lebar lagi, kita langsung saja masuk ke pembahasan utama tentang bagaimana sebetulnya cara yang bisa dilakukan agar kita bisa mengoptimasi website baru dengan cara lebih efektif dan maksimal.

 

Ada banyak sebetulnya bahasan cara yang bisa dilakukan. disini saya akan bahas secara umum dan garis besarnya saja. kalau bahas semua, sepertinya anda bisa ketiduran juga buat menyimaknya.. hehe

1. Setting On-Page

Bahasan setting on-page ini akan saya bahas dalam artikel lain yang lebih panjang dan mendalam. Tapi disini saya akan jelaskan sekilas tentang bagaimana proses setting on-page itu bisa dilakukan dengan baik.

Pertama perlu dipahami dulu bahwa dalam SEO, ada dua faktor utama yakni SEO Onpage dan SEO OFF Page, keduanya harus dikombinasikan dengan baik, jika hasilnya ingin lebih bagus dan powerfull.

Dalam Setting on-page itu sendiri, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dan juga diperhatikan dengan baik diantaranya:

--Judul website

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan disini agar judul website memang sesuai dengan standar SEO:

  • Tidak boleh lebih dari 70 karakter
  • Kombinasi brand dan kata kunci, misal: “SeoOfBlog | Jasa SEO dan Backlink Murah”
  • Pilih judul berdasar SERP intent (saya akan bahas dalam postingan khusus)

--Mau Bidik Kata Kunci untuk HomePage/ URL Page?

Kemudian harus ditanya dulu, apakah anda mau bidik kata kunci untuk dioptimasi yang kemudian diarahkan ke homepage atau url page. Paham? Jadi begini, kita ingin misal ketika orang mengetik “jasa seo” di google, lalu situs kita muncul halaman teratas dengan tampilan “seoofblog.com” atau “seoofblog.com/jasa-seo”.

Kalau misanya yang ditawarkan di blog /website kita tidak hanya satu produk/jasa, maka kita bisa maksimalkan untuk membidik kata kunci di setiap post/page, seperti seoofblog.com/jasa-seo, seoofblog.com/jasa-penulis, dan lainnya.

--Buat Artikel Berkualitas yang SEO Friendly

Kalau misalnya mau bidik per post url, maka anda bisa optimasi di setiap postingan tersebut dengan menggunakan 3 teknik diatas. selain itu anda juga bisa tambahkan plugin seoonpack atau lainnya untuk memberikan title tag dan deksripsi.

Dalam membuat postingan artikel, sebaiknya juga jangan ngasal. Anda bisa perhatikan soal struktur, penempatan kata kunci, pemilihan tema, analisa search intent, penentuan judul, penentuan format dan lainnya.

Analisa sebelum membuat postingan artikel sangatlah penting apalagi jikakita mau bidik kata kunci yang nilai search volumenya tinggi yang artinya kompetisi nya juga tinggi. Kalau mau mudah, anda bisa order saja jasa penulis artikel salah satunya di artikelfresh.com.

Segitu dulu ya, dari segi on-page nya. Selebihnya anda bisa tanya di kolom komentar atau explore dari beberapa sumber lain.

2. Cek Page Speed /Kecepatan Website

Setelah on-page selesai atau memenuhi standar SEO friendly, maka yang selanjutnya perlu diperhatikan dengan baik adalah soal page speed atau kecepatan website. Menurut update algoritma google terbaru, page speed ini memiliki pengaruh tinggi pada peningkatan ranking di SERP.

Page speed ini sebetulnya bertujuan untuk memberikan user experience yang lebih baik. setiap update algo, pasti yang ditonjolkan adalah bagaimana agar situs yang ada di halaman teratas itu “relevance” dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan serta diinginkan oleh para visitor.

Lalu bagaimana caranya agar kita tahu kecepatan atau loading speed website kita?

Jangan khawatir karena sebetulnya ada banyak tool yang bisa dilakukan, salah satu diantaranya disediakan oleh google itu sendiri. Nah setidaknya ada dua yang selama ini banyak digunakan oleh banyak orang sebagai patokan yakni:

  • https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights
  • https://gtmetrix.com

Kedua tool diatas bisa menjadi pilihan untuk mengecek page speed website kita. Nal lalu yang jadi patokan berapa? Biasanya patokan minimal yang digunakan oleh banyak ahli SEO adalah sebagai berikut:

  • Dekstop > Diatas 90%
  • Mobile > Diatas 65%

Itu adalah patokan minimal ya.. Lebih tinggi akan lebih bagus. Namun memang ada banyak hal yang mempengaruhi kecepatan website. Anda bisa simak dalam tulisan lain saya di Cara Cek Kecepatan /Page Speed Website.

2. Daftar Google Search Console

Jika onpage sudah oke dan pagespeed juga oke, maka selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mendaftarkan website anda di google search console. Ini adalah salah satu fitur yang disediakan oleh google untuk mengecek dan tracking kinerja website kita khususnya dari segi ranking di SERP.

Ada beberapa hal yang bisa kita dapatkan dari google search console ini. beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Query; ini semacam keyword atau kata kunci yang masuk ke penelusuran mesin pencari/search engin google. Dari sini kita bisa tahu, apa saja kata kunci yang meranking baik untuk homepage atau halaman /post artikel
  • Klik; kita juga akan mengetahui berapa jumlah klik untuk masing-masing query tersebut. misal saat orang mengetik kata kunci di google dengan kw “cara bisnis online”, dan website kita masuk querynya, maka akan ketahuan berapa orang klik ke website kita (visitor). Semakin atas posisi website kita dengan kata kunci tersebut, maka akan semakin banyak klik nya.
  • View; Jumlah tayangan di search engine juga akan ketahuan dari google search console ini.
  • Tautan /link; disamping itu juga akan ada informasi backlink yang mengarah ke website kita dari mana saja.

Selain itu yang tak kalah penting adalah dimana google akan memberi tahu jika ada masalah dengan website kita mulai dari breadcrumb dan lainnya.

Bagaimana cara daftar google search console?

Mudah banget.. anda tinggal kunjungi saja https://search.google.com/search-console/welcome lalu ada dua pilihan “Domain Baru” dan “Awalan URL”, saya biasanya pilihan yang awalan URL, setelah itu masukan alamat URL website kita di kolom yang tersedia, lalu klik “terus”. Setelah itu kita diminta verifikasi kepemilikan website. Copy code yang tersedia diantara <head> dan </head>. Kalau dalam them wp yang premium biasanya sudah disediakan khusus atau bisa juga via theme editor. Saya bisa bahas dalam tulisan lain lah ya nanti..

“Fokus utama optimasi SEO website baru sebetulnya adalah tentang bagaimana cara mengetahui, menambah dan meningkatkan query. Dari sanalah kita akan mengetahui kata kunci/keyword mana yang harus jadi prioritas optimasi selanjutnya” –Seoofblog.com

4. Optimalkan Internal –Link

Selanjutnya, hal yang bisa kita lakukan dalam optimasi website baru adalah dimana kita bisa memulainya dari internal link /inbound link. Artinya, jangan dulu kasih backlink apalagi backlink yang dilakukan secara sporadis dan asal-asalan. “Be careful, it’ll be toxic for your website!”

Internal link adalah salah satu teknik optimasi onpage yang bisa dibilang aman. Ya, berapa banyakpun internal link yang kita gunakan dan lakukan dalam sebuah website, maka no problem.. tapi ada satu kuncinya “RELEVANCY”

Ya meskipun kita bisa dan boleh lakukan internal link banyak, tapi harus pastikan itu relevance. Nah ini yang penting.. Kalau misal kita bahas tentang “hijab”, maka internal link harus ke artikel lain di website kita yang memang masih relevance dengan “hijab”. Paham kan?

Lalu bagaimana cara internal link yang tepat? Kita akan bahas dalam artikel lain ya. Sebetulnya ada beberapa pilihan internal link apakah menggunakan “naked url” atau “anchor text”. Keduanya bisa digunakan, tapi yang paling banyak menggunakan anchor text yang kemudian dikasih hyperlink.

5. Berikan Link External Sebagai Source/Referal

Nah ini yang selama ini masih banyak perdebatan sebetulnya. ada yang mengatakan boleh melakukan dan menyisipkan external link, tapi ada juga yang melarangnya apalagi untuk website baru. Terus bagaimana?

Kalau saya sih boleh saja, asalkan..

Nah disini syarat penting yang harus diketahui dan dipahami betul saat akan melakukan proses external link. Beberapa syarat itu menjadi salah satu acuan kenapa kita harus lakukan external link, berikut diantaranya:

  1. External link harus ke situs authority tinggi – ya kalau kita mau memberikan external link, pastikan agar kita kasih link ke situs dengan authority tinggi. Patokannya misal; kalau DA kita 10, maka kasih link external ke yang DA diatas itu.
  2. External link diberikan ke source authority yang relevan – kita juga harus pastikan untuk memberikan link keluar kepada situs besar yang relevan dengan tema yang kita bahas dalam artikel yang kita tulis.
  3. External link ini akan menunjukan kualitas konten website kita – ya, jika artikel kita ditulis berdasarkan source yang kredibel, tentu google akan menganggap bahwa isi dalam situs kita memang berkualitas.

Jadi kalau kata praktisi seo bule “dont be afraid to link external site in your web/ post”. Jadi silahkan saja anda coba juga..

6. Dapatkan Social Signals

Nah selanjutnya yang tak kalah penting, anda bisa berikan social signals ke website anda. Caranya? Caranya mudah, anda tinggal share saja website dan postingan web anda ke beberapa pilihan media sosial yang tersedia, misal:

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Digg
  • Drible
  • Dll

Lebih bagus lagi kalau anda share dengan menggunakan akun khusus yang sesuai dengan nama dari website anda. (ini rahasia lho; hasilnya mantap) Jangan bilang-bilang ya, hehe

7. Berikan Backlink “Natural”

Kalau misalnya anda mau hasil yang lebih cepat untuk website anda meranking dan mendapatkan query atau kata kunci yang masuk ke google search console, maka anda bisa berikan suplemen backlink ke website baru anda.

Tapi disini harus diperhatikan soal natural backlink post nya serta kualitas dari backlink yang diberikan. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan jika mau kasih backlink ke website baru diantaranya:

  • Hindari pemberian backlink banyak dalam waktu singkat
  • Berikan backlink secara bertahap
  • Berikan backlink multitier/agar ada activity source

Nah jika anda butuh jasa backlink supernatural yang cocok untuk website baru, silahkan hubungi saya. Saya tawarkan jasa backlink natural untuk website baru, harganya murah kok, hanya 300 ribu.. dengan backlink ini, dijamin website baru anda akan segera mendapatkan ranking dan informasi kata kunci yang meranking sehingga bisa dilanjutkan pada pemilihan kata kunci prioritas, manakah yang akan dioptimasi lebih lanjut..

Leave a reply "Cara Optimasi SEO untuk Website Baru"

Author: 
author